SKYGOAT LOCK
6 Hobi untuk Mengatasi Stres - susukambingetawaskygoat14

Kamis, 06 Maret 2014

6 Hobi untuk Mengatasi Stres

hobi penghilang stres
Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dapat kita hindari apalagi dengan gaya hidup yang serba sibuk saat ini. Untuk mengatasi stres, yang perlu Anda lakukan adalah membuat pikiran Anda fresh kembali dan sejenak melupakan masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan suatu kegiatan yang Anda sukai atau bisa disebut dengan hobi. Dengan menggeluti hobi, pikiran Anda akan disuguhkan hal yang baru serta sebuah kegiatan yang benar-benar menjadi passion atau minat Anda. Nah, apa saja hobi yang bisa mengatasi stres? Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Stres dengan Hobi

1. Berkebun

Berkebun akan membuat Anda lebih dekat dengan alam. Biasanya, salah satu penyebab kita mengalami stres adalah kurangnya berinteraksi dengan alam seperti berada di tempat terbuka.

Anda bisa menanam pohon atau tanaman Anda sendiri, menyirami dan merawatnya setiap hari. Selain dapat membuat pikiran Anda santai dan segar kembali, kegiatan berkebun juga dapat melestarikan lingkungan sekitar Anda.


2. Membaca

Salah satu solusi stress lainnya adalah dengan membaca buku. Carilah bacaan favorit Anda, misanya saja koran, majalah, novel, biografi atau lain sebagainya. Kemudian, luangkan waktu Anda untuk bersantai untuk membacanya. 

Selain dapat membuat wawasan pengetahuan Anda semakin luas, membaca buku juga mampu menghilangkan penat dalam pikiran Anda.

3. Olahraga

Olahraga akan membuat oto-otot tubuh Anda menjadi relaks kembali. Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai, contohnya jogging, bulu tangkis, gym, dan lain-lain. Dengan berolahraga secara rutin, tubuh akan sehat dan pikiran Anda akan merasa segar kembali. 


4. Memasak

Jika Anda suka memasak makanan, hobi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi stres. Memasak makanan memungkinkan pikiran Anda untuk memperhatikan makanan yang Anda sedang persiapkan dan berkonsentrasi pada bagaimana membuatnya lebih lezat. 

Karena memasak juga menggunakan imajinasi dan kreativitas Anda, kegiatan ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan stres.

5. Mendengarkan Musik

Ketika Anda berada dalam situasi yang tertekan dan stres berat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba mendengarkan musik. Musik juga dapat menenangkan pikiran dan memungkinkan Anda terhindar dari kecemasan yang berlebih.

6. Menulis

Cara lain untuk terhindar dari stres adalah dengan menulis. Tulislah hal-hal yang Anda sukai, seperti menulis buku harian atau cerita pendek. Kegiatan ini bermanfaat untuk menyegarkan pikiran Anda.

Cobalah untuk menuangkan masalah-masalah Anda pada sebuah tulisan. Hal ini dapat memberikan Anda sebuah jalan yang kreatif memecahkan masalah-masalah kehidupan Anda dan memungkinkan imajinasi Anda berjalan liar.

Nah, itu tadi beberapa hobi sederhana yang dapat mengatasi stres. Pilihlah hobi yang paling sesuai dengan kepribadian Anda dan temukan cara yang mudah dan efektif agar Anda dapat bersantai dan terhindar dari stres. Jadi, apa hobi Anda sekarang?

Photo Courtesy: sxc.hu: arinas74

Tidak ada komentar:

Posting Komentar