SKYGOAT LOCK
5 Gejala Umum Diabetes Pada Wanita - susukambingetawaskygoat14

Minggu, 04 Januari 2015

5 Gejala Umum Diabetes Pada Wanita

5 Gejala dan Tanda Diabetes Pada Wanita
5 Gejala dan Tanda Diabetes Pada WanitaDiabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak berkaitan dengan jenis kelamin. Penyakit ini sama berpengaruhnya pada pria maupun wanita. Namun, wanita sangat rentan terhadap penyakit diabetes terutama saat masa kehamilan.

Secara keseluruhan, wanita dapat terkena tiga jenis diabetes. Jenis diabetesnya pun memiliki tanda dan gejala yang mirip sehingga sangat sulit dibedakan. Kendati demikian, diabetes pada wanita menunjukkan gejala-gejalanya sejak awal sehingga dengan mudah dikenali.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang tanda-tanda diabetes pada wanita. Jika anda pernah merasakan tanda dan gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5 Gejala Umum Diabetes Pada Wanita

1. Berat badan naik atau turun
Diabetes sangat mempengaruhi perubahan berat badan seseorang secara drastis, baik kenaikan maupun penurunan. Perubahan berat badan yang fluktuatif merupakan tanda awal dan umum diabetes pada wanita.

Meski demikian, berat badan yang naik dan turun juga bisa disebabkan oleh penyakit lain atau infeksi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Namun harus diingat, beberapa wanita mungkin mengalami penurunan berat badan karena hilangnya nafsu makan, sementara yang lain akan mengalami kenaikan berat badan karena diet yang ekstrim.

2. Rasa haus yang ekstrim
Tanda umum lainnya diabetes pada wanita adalah munculnya rasa haus yang yang ekstrim. Rasa haus tersebut tidak pernah terpuaskan meski sudah minum berkali-kali. Inilah yang terjadi ketika seorang wanita yang mengalami diabetes.

Wanita yang diduga terkena diabetes harus meminum banyak air untuk memuaskan dahaganya. Bahkan, ia tidak merasa lapar dan yang ia inginkan hanyalah air dan air. Meminum air sebenarnya tidaklah buruk namun jika anda merasa haus terus menerus, patut dicurigai bahwa itu gejala umum diabetes.

3. Kelelahan
Merasa sering kelelahan adalah tanda diabetes yang sangat umum terjadi pada wanita. Rasa letih tersebut tak kunjung sembuh dan membuat anda merasa lemah dan tak berenergi sepanjang hari. Inilah tanda yang sering muncul ketika wanita terkena diabetes.

Meskipun kelelahan bisa disebabkan berbagai alasan, ada baiknya jika anda segera berkonsultasi ke dokter untuk kepastian diagnosanya. Selain dapat membuat anda tidak mampu melakukan pekerjaan fisik untuk jangka waktu yang panjang, kelelahan juga dapat menyebabkan stres dan ketegangan.

4. Sering buang air kecil
Kegiatan buang air kecil memang sangat diperlukan untuk membuang racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Tubuh melakukan proses detoksifikasi melalui aktivitas buang air kecil.

Tapi apa jadinya jika anda harus buang air kecil hampir setiap jam atau lebih? Ini patut diwaspadai karena bisa menjadi tanda-tanda diabetes yang tidak boleh diabaikan.

Sering buang air kecil terjadi ketika ada ketidakseimbangan kadar gula darah dalam tubuh. Sering buang air kecil tidak baik karena menyebabkan situasi tidak nyaman dan kehilangan energi. Oleh karena itu, jika anda menghadapi masalah ini, anda harus segera menemui dokter.

5. Penyembuhan luka
Bagi wanita yang ditengarai menderita diabetes, penyembuhan luka dapat berlangsung lama dari biasanya. Jika luka tidak sembuh dalam waktu yang lama, itu bisa menjadi tanda dini diabetes yang tidak boleh diabaikan.

Na, demikian ulasan singkat tentang 5 gejala dan tanda awal diabetes pada wanita. Jika anda pernah mengalami satu atau lebih gejala di atas, jangan segan-segan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk deteksi dini dan penanganan lebih lanjut. Baca juga: 5 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar