SKYGOAT LOCK
Manfaat Super Penting Ikan Salmon bagi Kesehatan - susukambingetawaskygoat14

Sabtu, 19 April 2014

Manfaat Super Penting Ikan Salmon bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon – Ikan salmon biasanya ditemukan di perairan Atlantik Utara dan Samudra Pasifik. Ikan ini memiliki beberapa jenis seperti salmon pink, Coho, Chum, Sockeye, kepala baja, Masu dan banyak lagi. Adapun ciri-ciri utama ikan salmon yaitu sisik bercahaya, kulit berwarna keperakan dan merah muda. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, ikan salmon juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. 
manfaat ikan salmon
Selain mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, ikan salmon juga kaya akan beberapa jenis vitamin, diantaranya vitamin A, D, dan B. Di samping itu, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang berguna dalam perkembangan jaringan otot. Nah apa saja manfaat ikan salmon lainnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Salmon

1. Kandungan asam amino dan protein yang tinggi

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan manfaat lain dari salmon bagi kesehatan yaitu adanya kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Molekul protein bioaktif atau peptida bioaktif bermanfaat untuk kesehatan tulang rawan persendian, meningkatkan efek insulin dan mencegah peradangan pada saluran pencernaan.

2. Mencegah penyakit kronis

Banyak orang mungkin heran kenapa ikan salmon berguna untuk mencegah penyakit dan dianggap sebagai makanan super menyehatkan dibandingkan dengan jenis makanan lain. Jawabannya cukup sederhana, yaitu asam lemak Omega 3. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan salmon bermanfaat untuk mengontrol peradangan di dalam tubuh yang pada gilirannya berguna mencegah penyakit jantung, arthritis, dan diabetes. Selain itu, asam lemak tersebut juga membantu untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

3. Menjaga keseimbangan mental dan meningkatkan fungsi kognitif

Asam lemak Omega 3 dalam ikan juga berkhasiat untuk mengurangi gangguan kognitif yang disebabkan karena penyakit Alzheimer serta memperlambat proses disfungsi kognitif yang dikarenakan faktor usia. Di samping itu, omega 3 juga membantu Anda mengatasi stres dan depresi, serta mengurangi perilaku agresif.

4. Membangun jaringan otot

Seperti yang telah disebutkan di atas, ikan salmon mengandung protein yang tinggi. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam membangun serta memperbaiki jaringan otot yang rusak. Selain itu, salmon tidak mengandung senyawa karsinogenik sehingga mencegah penyumbatan dalam arteri. 

5. Mengembangkan enzim, jaringan dan hormon penting

Salmon merupakan sumber makanan yang kaya mineral penting seperti zat besi, kalsium, selenium dan vitamin A, vitamin B dan vitamin D yang membantu membangun jaringan, rambut dan kuku. Selenium, mineral yang jarang ditemukan dalam makanan hewan lain, bermanfaat untuk perkembangan jaringan tubuh secara keseluruhan.

6. Makanan penting bagi kesehatan mata

Asam lemak omega 3 dan asam amino berfungsi untuk mencegah degenerasi otot, mencegah mata kering, mengurangi efek mata lelah serta mencegah kebutaan. Hal ini terbukti bahwa mereka yang mengkonsumsi ikan salmon memiliki penglihatan yang lebih baik dan lebih tajam.

Nah, itu tadi beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan. Oleh karena itu, lengkapi menu harian Anda sekeluarga dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dan rasakan berbagai manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar