SKYGOAT LOCK
11 Manfaat Pisang bagi Kesehatan - susukambingetawaskygoat14

Minggu, 09 Juni 2013

11 Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang
Pisang telah menjadi bagian dari menu makanan kita sehari-hari. Dari sarapan hingga makanan penutup, pisang telah menjadi bagian penting hidup kita. 

Buah pisang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti kripik, pisang goreng, pisang molen, selai pisang dan lain sebagainya. 


Tapi apakah kita sudah tahu manfaat dari buah pisang? Nah, berikut 11 manfaat buah pisang bagi kesehatan.



1. Pisang terdiri dari glukosa, sukrosa dan fruktosa yang memberikan energi. Ketiganya sangat ideal bagi penderita diabetes.


2. Pisang kaya akan serat yang membantu dalam pergerakan usus yang baik. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai masalah pencernaan atau menderita sembelit, Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang secara teratur.

3. Selain menjadi sumber makanan yang kaya serat, pisang juga mengandung kalium tinggi yang adalah sangat penting ketika Anda sedang menderita diare.

4. Pisang juga mengandung zat besi tinggi yang dapat mengatasi anemia.

5. Salah satu cara untuk mengurangi depresi dan meningkatkan mood atau suasana hati adalah dengan meningkatkan sekresi serotonin, hormon yang dapat meningkatkan mood. Serotonin dapat disekresikan dengan bantuan triptofan yang ada dalam buah pisang. Oleh karena itu, pisang sangat disarankan bagi orang-orang yang sedang depresi atau bad mood.

6. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pisang merupakan sumber makanan yang kaya kalium. Kalium sangat berguna dalam menjaga tekanan darah dan mencegah resiko terkena stroke.

7. Pisang juga merupakan makanan ideal untuk wanita hamil karena mampu mengekang mulas dan mual di pagi hari.

8. Selain depresi, pisang juga dapat membantu Anda mengatasi stres. Stres meyebabkan turunnya kadar kalium dalam tubuh sehingga menghasilkan ketidakseimbangan kadar air dan palpitasi. Pisang mampu menjaga kadar potasium sehingga masalah tersebut bisa teratasi.

9. Pisang adalah antasida alami dan juga meningkatkan jumlah bakteri prebiotik dalam sistem pencernaan. Akibatnya, pisang mampu mencegah atau bahkan menyembuhkan sakit maag.

10. Pisang membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan ginjal karena kandungan gizi yang tinggi. Alhasil, pisang juga telah dikenal menghambat perkembangan kanker ginjal pada wanita.

11. Pisang memiliki kandungan vitamin B6, B12, magnesium dan potasium yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin berhenti merokok, konsumsilah pisang secara rutin karena kandungan nutrisinya dapat mengurangi ketergantungan terhadap nikotin.

Photo Courtesy: sxc.hu: Royxnavy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar